SMAN 99 Jakarta

SMAN 99 Jakarta

Time


Visitors

Counters

Tokoh Utama

Powered By Blogger

Followers

Search

About Me

Foto Saya
lhita's homepage
Anak pertama dari 2 bersaudara. Lahir di Jakarta, 25 Agustus 1993. Hobby nyanyi dan nonton TV.
Lihat profil lengkapku

My Family

Blog Archive

Arsip

Configure your calendar archive widget - Edit archive widget - Flat List - Newest first - Choose any Month/Year Format

PoLLing..

Rabu, 28 April 2010

Waspadai Bahaya Kantong Plastik Kresek

Ilustrasi : http://www.abc.net.au (ABC News: Giulio Saggin, file photo)

Kantung dan kemasan plastik memang murah, praktis, dan mudah didapat. Sayangnya jenis pengemas ini tidak selalu aman bagi kesehatan.

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) memperingatkan publik supaya berhati-hati dalam menggunakan kemasan plastik untuk makanan.

Menurut Kepala BPOM Husniah Rubiana Thamrin Akib, beberapa jenis kemasan plastik berpotensi menimbulkan gangguan kesehatan termasuk diantaranya kantung plastik "kresek" berwarna serta kemasan plastik berbahan dasar polistiren dan polivinil klorida (PVC).

Ia mengatakan, kantung plastik "kresek" dibuat dari plastik bekas yang riwayat penggunaannya tidak jelas melalui proses daur ulang yang tidak terjamin kebersihannya.

"Kita tidak tahu riwayat penggunaannya, bisa saja itu berasal dari bekas wadah limbah berbahaya seperti pestisida dan logam berat, limbah rumah sakit atau kotoran," katanya.

Husniah menambahkan, proses daur ulang dalam pembuatan plastik "kresek" juga menggunakan bahan kimia tertentu.

Kemasan plastik berbahan PVC pun tidak sepenuhnya aman. Monomer vinil klorida pada PVC dapat terlepas ke dalam makanan bila berinteraksi dengan bahan yang berminyak/berlemak atau mengandung alkohol, terlebih dalam keadaan panas.

Husniah mengatakan, kemasan plastik yang aman untuk makanan biasanya ditandai dengan label tertentu.

Kemasan plastik berbahan polyethylene tereftalat (PET) berlabel angka 01 dalam segitiga, High Density Polyethylene (HDPE) berlabel angka 02 dalam segitiga, dan PVC berlabel angka 03 dalam segitiga.

Sementara Low Density Polyethylene (LDPE) berlabel angka 04 dalam segitiga, PP berlabel angka 05 dalam segitiga, polistiren berlabel angka 06 dalam segitiga dan bahan lain termasuk polibikarbonat yang biasa digunakan untuk membuat botol bayi dan galon air berlabel angka 07 dalam segitiga.

0 komentar:

Posting Komentar

My Slide Show

 
 

Diseñado por: Compartidísimo
Scrapping elementos: Deliciouscraps©